10 Tips Menabung Uang agar Cepat Terkumpul

10 Tips Menabung Uang agar Cepat Terkumpul

Ekonomi boleh sulit, tapi menabung jalan terus. Dengan mempunyai tabungan, setidaknya kita mempunyai dana talangan bila terjadi hal-hal di luar perkiraan. Mary Rowland, penasehat keuangan yang juga kontributor pada situs moneymsn.com mempunyai beberapa tips untuk membantu kita.

1. Sedikit demi sedikit


Setidaknya tabunglah 10 persen dari pendapatan Anda. Jadi bila gaji kita Rp 2 juta perbulan, maka paling sedikit kita harus menyisihkan Rp 200 ribu untuk ditabung. Namun jangan putus asa jika Anda belum bisa menjalankannya. Yang terpenting ialah tekadnya.

Mulailah menyisihkan sejumlah kecil rupiah dari pendapatan Anda. Jumlahnya tergantung penilaian Anda. Berapa rupiah yang kira-kira bisa ditabung tanpa mengganggu 'perekonomian' Anda. Lakukan hal itu sebagai kebiasaan dan menabunglah secara konsisten. Berjanjilah pada diri Anda, Anda akan menabung tiap akhir pekan, misalnya. Sesungguhnya, hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan menabungkan banyak uang sekaligus.

2. Perketat penarikan uang lewat ATM


Teknologi Automatic Teller Machine (ATM) memang sangat membantu, namun jangan keenakan bertransaksi dengan mesin 'murah hati' itu. Batasi pengeluaran Anda. Tentukan berapa rupiah yang akan diambil lewat ATM. Perlahan, coba kurangi jumlahnya. Jika kemudian terdapat sisa, tabungkanlah.

3. Lunasi tagihan kartu kredit dan pinjaman lainnya


Urutkan tagihan kartu kredit Anda mulai dari yang angkanya terbesar. Sisakan dua nomor terbawah. Konsentrasikan diri Anda untuk membayar tagihan dengan bunga terbesar. Lalu, ketika semuanya telah terlunasi, coba tambahkan jumlah tabungan Anda.

4. Susunlah rencana investasi secara otomatis


Simpanlah sejumlah uang dari tabungan Anda ke dalam bentuk investasi. Anda bisa menggunakan bantuan alat hitung otomatis untuk mencari tipe investasi yang paling menguntungkan bagi Anda, misalnya deposito atau saham.

5. Tingkatkan jumlah pelunasan cicilan Anda


Ketika Anda masih harus mencicil apapun untuk keperluan rumah tangga, cobalah untuk membayar lebih banyak di bulan-bulan berikutnya. Tak perlu menetapkan angka tertentu. Cukup dengan membulatkan jumlahnya ke angka ratusan terdekat.

6. Lunasi kredit mobil Anda


Bunga dari kredit mobil tidak akan berkurang. Ia akan menambah jumlah cicilan Anda. Karena itu, segera lunasi dan berusahalah untuk menabung.

7. Dana Pensiun

Dengan mengikuti program dana pensiun, Anda akan menikmati hasilnya di saat Anda pensiun nanti.

8. Evaluasi kebijakan asuransi jiwa jangka panjang Anda


Jika Anda memiliki beberapa asuransi jiwa yang memiliki jangka waktu yang sama, sesungguhnya Anda bisa memangkas preminya secara dramatis. Caranya cukup mudah. Ubah saja kebijakan yang selama ini Anda jalani.

9. Bukukan pendapatan dan pengeluaran Anda

Anda dapat menyisihkan lebih banyak uang untuk tabungan ketika Anda tahu untuk apa saja pendapatan Anda dibelanjakan. Nah, karenanya, jangan lupa mencatatnya.

10. Berdisiplin dengan Diri Sendiri

Kunci dari semua itu adalah berdisiplin dengan diri sendiri. Lupakan keinginan untuk tidak diperbudak uang bila Anda tidak bisa mengontrol nafsu membelanjakan uang.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/12/09/05/m9vfvk-mau-sukses-menabung-inilah-10-kiatnya

Komentar